Posted by : Unknown
Selasa, 21 Oktober 2014
PERANCANGAN, SIMULASI CFD
DAN PENGUJIAN SISTEM PROPULSI POWER AUGMENTED RAM WING IN SURFACE EFFECT CRAFT
(PARWISE CRAFT)
Undergraduate
Theses from JBPTITBPP / 2014-05-14 15:59:14
Oleh : PRIMA AHMAD WIHARDI (NIM : 13104001); Pembimbing Utama Prof. Dr. Ir. Muljowidodo, S1 - Department of Mechanical Engineering
Dibuat : 2010, dengan 7 file
Keyword : WISE, PAR, Aerodinamik dan Takeoff
Oleh : PRIMA AHMAD WIHARDI (NIM : 13104001); Pembimbing Utama Prof. Dr. Ir. Muljowidodo, S1 - Department of Mechanical Engineering
Dibuat : 2010, dengan 7 file
Keyword : WISE, PAR, Aerodinamik dan Takeoff
Wing in Surface Effect (WiSE) adalah suatu pesawat yang
terbang rendah dekat dengan permukaan. Terbang dengan ketinggian rendah ini
dimaksudkan agar pesawat mendapatkan tambahan gaya angkat dari efek permukaan
tersebut dan memaksimalkan rasio gaya angkat terhadap gaya hambat (lift to drag
ratio). Dimana efek permukaan tersebut dapat terjadi bila ketinggian pesawat
lebih rendah dari panjang chord sayap pesawat tersebut. Laporan tugas akhir
tentang PARWISE Craft ini membahas tentang aspek aerodinamik, sistem propulsi,
analisis takeoff dan proses manufaktur. Untuk membantu proses pengolahan data
dan analisis, penulis menggunakan bantuan software, antara lain: DesignFoil R6,
Solidworks 2010, CFD Gambit 2.2.30, CFD Fluent 6.2.16, Microsoft Office 2010
dan Microsoft Excel 2010.
Permasalahan yang
akan dikaji dan diulas pada laporan tugas akhir ini berkitan dengan simlasi
CFD, pengujian propulsi dan analisis takeoff PARWISE Craft. Simulasi CFD
dilakukan untuk memperoleh data aerodinamik (Lift, Drag dan Moment) dari model
yang telah dibuat. Sistem propulsi dilakukan pengujian untuk memperoleh data
prestasi mesin dan daya thrust maksimum yang dihasilkan. Analisis takeoff
dilakukan untuk memprediksi daya propulsi yang digunakan apakah mampu untuk
menerbangkan pesawat tersebut.
Pada kondisi takeoff bekerja gaya aerodinamik dan
hidrodinamik sehingga dibutuhkan daya propulsi yang lebih besar. Oleh sebab
itu, diterapkan teknologi Power Augmented Ram (PAR) pada model untuk membantu
selama proses takeoff. Dimana teknologi PAR ini dapat terjadi bila aliran udara
dari putaran propeller propulsi diarahkan ke arah bawah leading edge sayap
utama sehingga terjadi perbedaan tekanan yang besar antara permukaan bawah dan
atas sayap (prinsip hoverCraft). Perbedaan tekanan tersebut mengakibatkan
meningkatkannya rasio Lift-Drag yang diharapkan pesawat tersebut dapat
terangkat dari permukaan sehingga gaya hidrodinamik dapat menurun yang akhirnya
pesawat mampu melakukan takeoff.