Posted by : Unknown Selasa, 21 Oktober 2014



PENGEMBANGAN METODE OPTIMASI INTERVAL PERAWATAN MESIN CFM56-3

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2014-05-19 15:38:16
Oleh : PANDU DARMADI (NIM : 131 06 011); Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Edy Suwondo dan Dr. Arief Hariyanto, S1 - Department of Mechanical Engineering
Dibuat : 2010, dengan 7 file

Keyword : GMF, CFM56-3, Optimasi interval perawatan mesin
Metode yang digunakan GMF saat ini belum dapat menentukan biaya dan workscope pada perawatan-perawatan yang akan datang. Agar dapat melakukan penghematan pada shop visit pertama hingga mesin pesawat tersebut tidak digunakan kembali (scrap) dibutuhkan sebuah metode optimasi penentuan workscope perawatan yang membahas secara menyeluruh. Untuk mengoptimasi yang dapat dilakukan maka dibutuhkan data aktual mengenai biaya perawatan saat ini.
            Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan metode yang dapat menentukan ruang lingkup pekerjaan pada saat mesin melakukan shop visit untuk mengoptimasikan biaya perawatan per engine flight cycle. Variabel penentu untuk dapat mengoptimasi biaya perawatan yaitu umur sisa Life Limit Part (LLP) yang harus diganti dan Exhaust Gas Temperature (EGT) margin. Metode diuji dengan data lampau dan kemudian diimplementasi untuk mendapatkan batas sisa umur LLP yang harus diganti agar menghasilkan biaya perawatan mesin yang paling optimum.
Pengujian membuktikan bahwa metode yang baru terbukti valid. Untuk mesin dengan thrust rating 20.000 lbs dan 22.000 lbs didapat sisa umur LLP yang harus diganti agar mendapatkan biaya perawatan yang paling optimum adalah LLP dengan sisa umur dibawah 5.000 FC, sedangkan untuk mesin dengan thrust rating 23.500 lbs adalah LLP dengan sisa umur dibawah 1.250 FC. Implementasi ini juga menunjukan bahwa mesin dengan thrust rating 23.500 lbs tidak direkomendasikan untuk digunakan di Indonesia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © hendisatria - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -