- Back to Home »
- tugas mingguan
Posted by : Unknown
Senin, 10 November 2014
PROTOTIPE SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA KERUSAKAN MESIN TURBOPROP CT7-9C
Master Theses from JBPTITBPP / 2012-06-19 11:55:06Oleh : Wahyudi (NIM : 233 94 020), S2 - Instrumentation and Control
Dibuat : 1997-04-00, dengan 7 file
Keyword : expert system ; computer ; artificial intelligence ; CT7-9C turboprop.
Kepala Subjek : Engineering
Nomor Panggil (DDC) : T 621.406 WAH
Abstrak:
Sistem pakar adalah salah satu bidang dari intelegensia buatan yang dirancang untuk membantu manusia dalam memecahkan suatu permasalahan tertentu yang biasanya dikerjakan oleh seorang pakar.
Pada penelitian ini dikembangkan prototipe sistem pakar untuk diagnosa kerusakan mesin turboprop CT7-9C. Penelitian dilakukan di Universal Maintenance Center PT. IPTN. Mesin turboprop CT7-9C biasa digunakan sebagai tenaga pendorong pesawat jenis komuter seperti CN235-100. Diagnosa kerusakan mesin turboprop CT7-9C terdiri dari dua jenis pengujian yaitu pengujian fungsionil (fuctional test) dan pengujian kinerja (performance test). Pengujian mesin ini bertujuan agar mesin dapat beroperasi sebagaimana mestinya dan dalam kondisi man, artinya mesin dapat menghasilkan daya yang dikehendaki dengan suhu masukan turbin daya (T45) yang diperbolehkan. Pengujian fungsionil terdiri dari 13 bagian kasus pengujian yang akan didiagnosa, sedang pengujian kinerja memerlukan 11 data mesin yang selanjutnya dipergunakan untuk mengetahui apakah terjadi kerusakan pada bagian kompresor, bagian panas, dan bagian turbin daya. Diagnosa kerusakan akan berakhir jika mesin sudah dalam kondisi baik, yaitu jika T45 margin diatas 30 derajat C atau untuk pekerjaan kecil (minor work scope) adalah antara 20 derajat C sampai dengan 30 derajat C .
Implementasi program menggunakan perangkat pengembangan sistem pakar INSIGHT 2+. Sistem pakar yang dikembangan terdiri dari 357 kaidah produksi dan 975 fakta. Pengujian kinerja dilakukan dengan menentukan letak kesebelas data mesin terhadap 12 grafik acuan yang telah ditentukan oleh pakar. Posisi data mesin terhadap grafik juga digunakan sebagai nilai keyakinan (confidence factor) dari kesimpulan yang ditemukan. Untuk mengatasi keterbatasan memori yang disediakan INSIGHT 2+, maka dalam pembuatan program, sistem pakar ini dibagi menjadi dua bagian yaitu ujiutama.prl dan kinerja.prl yang dengan sharedchain, kinerja.prl dapat digabung ke dalam ujiutama.prl.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu para teknisi dalam melakukan tugas perawatan mesin turboprop CT7-9C di UMC PT. IPTN Bandung, terutama untuk efisiensi kerja, keterbatasan pakar yang ada, dan mengurangi kemungkinan kesalahan manusia (human error) dalam proses pendiagnosaan. Sistem pakar ini dibuat terbuka sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penambahan keahlian pars pakar. Untuk pengembangan lebih lanjut disarankan untuk menggabung file program pada test cell ke dalam sistem pakar ini, sehingga pada pengujian kinerja bersifat on-line dimana teknisi tidak perlu memasukkan data secara manual.
Deskripsi Alternatif :
VALIDASI MODEL SIMULATOR COMBAT PESAWAT TEMPUR Su-30MK2 MELALUI REKONSTRUKSI LINTAS TERBANG
VALIDATION OF SIMULATOR COMBAT MODEL OF AIRCRAFT FIGHTER Su-30MK2 THROUGH FLIGHT PATH RECONSTRUCTIONMaster Theses from JBPTITBPP / 2014-06-05 09:45:26
Oleh : ISA HIDAYAT (NIM : 23608005); Tim Pembimbing : Dr. Hisar M. Pasaribu; Javensius Sembiring, ST, MT, S2 - Aerospace Engineering
Dibuat : 2011, dengan 8 file
Keyword : Rekonstruksi lintas terbang dan Validasi.
Pada tahun 2010 Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD-ITB) dengan menggunakan dana dari program insentif terapan Kemenristek bidang teknologi pertahanan dan keamanan, mengadakan riset tentang rancang bangun sistem simulator pesawat Su-30MK2 [4]. Rancang bangun sistem simulator combat (SimCombat) ini menggunakan perangkat lunak Flight Simulator yang disebut XPlane.
Berdasarkan kebutuhan ini, maka dilakukan proses validasi dengan merekonstruksi lintas terbang pesawat Su-30MK2. Rekonstruksi lintas terbang dilakukan dengan menggunakan SimCombat Su30. Rekonstruksi dilakukan berdasarkan tiga metode kendali pesawat diantaranya yaitu manual, semi-manual dan otomatis. Input rekonstruksi berupa koordinat dan waktu lintas terbang pesawat yang diperoleh dari Global Positioning System (GPS). Sedangkan data variabel terbang yang digunakan untuk memvalidasi output rekonstruksi diperoleh dari sistem data recording pesawat Su-30MK2. Variabel yang digunakan yaitu sikap pesawat (pitching, rolling, dan yawing), defleksi bidang kendali (aileron
dan rudder) serta sudut serang pesawat atau angle of attack (AoA). Hasil validasi melalui rekonstruksi lintas terbang menunjukkan bahwa untuk variabel tersebut tingkat korelasi dengan data sesungguhnya tinggi, yaitu rata-rata sebesar 0,896.
Deskripsi Alternatif :
On 2010 Faculty of Mechanical and Aerospace Engineering (FTMD-ITB) funded by Kemenristek defense and security technology, conducting research on design and development of Su-30MK2 combat flight simulator [4]. The development
combat simulator uses software called flight simulator X-Plane. The purpose of the thesis is to validate the parameters of the aircraft Su-30MK2 between the real
data and the SimCombat flight simulator data. The parameters used in this thesis are the attitude of the aircraft (pitching, rolling, and yawing), control surface
deflection (aileron and rudder) and the aircraft angle of attack (AoA). The parameters from SimCombat obtained from aircraft flight path reconstruction.
Reconstruction is conducted by using three methods i.e. manual, semi-manual and autopilot. The coordinates, times and the reconstruction of aircraft flight path are used as an input of SimCombat system. These parameters are obtained from Global Positioning System (GPS). While the real flight data parameters which will be used to validate the output of the reconstruction are obtained from the data recording system of the Su-30MK2. The result shows that the parameters from the SimCombat flight simulator give a good correlation, i.e. 0,896 compared to the real data.
EVALUASI VALIDITAS RUMUS PERHITUNGAN PRESTASI DAN PENYUSUNAN ULANG RUMUS PERHITUNGAN EFISIENSI MESIN TURBOPROP CT7-9C PADA DATA REDUCTION PROGRAM (DRP)
Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2014-04-08 14:51:06Oleh : JUMADI TIMOTIUS SIMANGUNSONG (NIM : 13605055); Pembimbing 1 : Dr. Ir. Edy Suwondo; Pembimbing 2 : Rommy Novitasta, ST., S1 - Department of Aerospace Engineering
Dibuat : 2009, dengan 7 file
Keyword : DRP, rumus prestasi, rumus trim T45H, rumus efisiensi, revisi rumus, validitas.
Data Reduction Program (DRP) adalah suatu piranti lunak komputer yang berfungsi untuk menghitung prestasi, besar trim temperatur gas pada bagian antara dua turbin(T45H), dan efisiensi mesin pesawat terbang. DRP telah mengalami berbagai revisi. PT. Nusantara Turbin dan Propulsi (PT. NTP) saat ini memiliki dokumen berisi rumus-rumus
perhitungan DRP yang sudah berusia ±20 tahun dan hanya menggunakan piranti lunak DRP versi terakhir di test cell tanpa mengetahui secara rinci bagaimana proses perhitungan
itu terjadi. Oleh karena itu, perlu dilakukan validasi rumus perhitungan parameter prestasi dan trim T45H serta penyusunan ulang rumus perhitungan efisiensi.
Penelitian tugas akhir ini menggunakan lima sampel data input DRP mesin turboprop CT7-9C. Penelitian berupa pembandingan hasil perhitungan menggunakan rumus parameter prestasi dan trim yang dimiliki PT. NTP dengan hasil perhitungan DRP serta analisis perbedaan nilai yang terjadi untuk mengevaluasi validitas rumus yang dimiliki PT.NTP. Penelitian ini juga mencakup penyusunan ulang rumus perhitungan efisiensi, penerapan, dan pembandingannya dengan hasil perhitungan DRP untuk mengevaluasi validitasnya.
Penelitian ini membuktikan bahwa rumus parameter prestasi dan trim T45H, mesin CT7-9C valid dengan kriteria maksimum harga mutlak perbedaan nilai kurang dari 2,5% dengan tingkat kepercayaan 95%. Rumus perhitungan efisiensi mesin CT7-9C dan validasinya dapat disusun pada penelitian ini. Selain itu, dilakukan juga revisi dan validasi rumus perhitungan T45H yang mempunyai perbedaan nilai cukup besar.
Deskripsi Alternatif :
Data Reduction Program (DRP) is a software for calculating the performance, the interturbine gas temperature (T45H) trim value, and the efficiency of aircraft engine. DRP has been revised for several times. PT. Nusantara Turbin dan Propulsi (PT. NTP) has some documents containing ±20 years old DRP formula. PT. NTP currently uses the latest version of DRP at the test cell without the detail of the calculation process. Therefore, a validation is required for the engine performance calculation formula, the T45H trim formula, and the re-formulation of the engine efficiency calculation formula.
This research uses data sample from five CT7-9C turboprop engines. DRP. The research is a comparison of calculation results of performance and T45H trim formulas owned by PT. NTP and the DRP calculation results. An error analysis also conducted to evaluate the validity of formula owned by PT. NTP. The research also includes a reformulation of efficiency formulas, its application, and a comparison with the DRP calculation results to evaluate its validity.
The research shows CT7-9C engine performance and T45H trim formulas are valid by using criteria of maximum absolute error less than 2,5% at 95% confidence level. In the
research, the CT7-9C engine efficiency formula have been re-formulated and validated. The T45H trim formulas also have been revised in order to comply the validation criteria.